AYO…MENGELOLA SAMPAH..!!!

Pak RT  sengaja memilih judul diatas karena ada beberapa alasan yang sangat masuk akal. Sampah..bagi sebagian orang  merupakan salah satu masalah yang pelik terlebih bagi kita yang hidup dan bermukim di daerah perkotaan. Dimana area untuk pembuangan sampah sangat terbatas.

Kota Malang yang notabene sudah masuk dalam kategori kota besar harus berpikir keras untuk dapat mengatasi masalah sampah ini. Kawasan kota Malang yang banyak dibanjiri pendatang baik itu pelajar maupun pekerja semakin memberi alasan untuk meningkatnya volume sampah.

Menurut data Pemkot Malang, bahwa TPU Supit Urang diprediksikan dalam dua tahun terakhir ini akan penuh. Ini dikarenakan TPU ini setiap harinya mendapat kiriman sampah sebesar 400 ton. Lahan seluas 15 hektare ini sampai tulisan ini ditulis sudah terpakai sekitar 75 %.

Pemkot Malang sendiri sudah berupaya untuk menekan pertumbuhan sampah yang semakin hari semakin meningkat ini dengan beberapa langkah seperti mebudayakan memilah sampah basah dan sampah kering ditiap-tiap kelurahan, penetapan Perda Tipiring Sampah, Pengelolaan sampah dengan 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle).

8 Comments to “AYO…MENGELOLA SAMPAH..!!!”

  1. buat apa mengolah sampah ? dan utnuk siapa ? juga nantinya jadi apa ?,o.iya maksudnya mengatasi sampah kali,kalo benarmaksudnya mengatasi sampah menurut saya tidak perlu diolah nanti gak berhasil mengatasi,cara yg.tepat,sampah anggap ada dua bagian,yang pertama sampah yg.bermanfaat biar aja adayg.mengurusi(itu hak pemulung),bagian yg.kedua sampah gak bermanfaan dimusnahkan akan jadi bermanfaat,dengan prinsip itu kan habis sampah dan teratasi,untuk memusnahkan sampah buka Teknologi Pemusnah Sampah,tanpa bahan bakar apapun sampah basah busuk aja musnah.

    • thanks mas Salikun atas kritis nya pemikiran mas Salikun……memang terasa eneteng kalau ditulis dan diucapkan…tapi yang pengelolaan sampah itu PENTING….mengelola sampah itu bukan hanya mengolah sampah menjadi sesuatu yang berbeda tapi juga mengelola cara pembuangan sampah yang benar….bisa dimengerti…

  2. salikun
    May 29, 2011 at 9:05 pm
    mas, sampah yang gak bermanfaat di musnahkan dengan alat apa, dibakar gitu maksud mas, itu salah apabila dibakar sisa sampah dibakar akan mencemari lingkungan, alangkah baiknya sampah gak bermanfaat di jadikan pupuk, tinggal di giling dengan mesin penggiling lalu di tambahkan dengan pupuk lain yang sudah jadi. manfaat itu lebih ramah lingkungan, pupuk yang sudah digiling kita jual ke petani untuk hasil petanian, makin bersih lingkungan kita… kalau semua ada niat, duit, usaha???

  3. Maksud saya itu jelas sampah-2 yg.tidak bermanfaat sama skali,karena jenis sampah itu banyak skali,utamanya sampah-2 yg.slalu kondisi basah,busuk,berbau sangat tidak enak juga sangat menjijikkan skali,siapa yg.mau mengolah dan untuk apa olahan sampah-2 yg.demikian itu,maka dari itu saya buat cara pemusnahannya agar menjadi abu yg.nyata-2 sangat bermanfaat untuk penyubur tanah,secara umum saja lihat di semua tempat sampah yg.tidak teratasi kan sampah-2 yg.demikian itu.Juga alat pemusnahan yg.saya buat tanpa menggunakan bahan bakar apapun,tetapi pembakarannya sangat besar skali,sampe-2 adanya benda-2 yg.ikut bersama sampah itu,misalnya botol beleng,kaleng,bisa meleleh dan hancur.Soal pencemaran,saya kira ada tetapi dampaknya kecil skali,mhn.maaf sebelumnya yaaa,apakah pernah mempelajari sifat udara ? itulah yg.saya pergunakan.Trima kasih dan mohon maaf sekedar mengiformasikan juga bersedia membantu bila diperlukan sebageman yg.lain.

  4. wong 2 iki debat opo sih debat kusir / Argobel? resek ae yo gawe rebut…
    masalah mau mengatasi dari jaman dulu sampek saiki hanya sebatas wacana thok tiL. sampek ada dosen dari Widya Gama Malang yang mendapat julukan “Dosen Sampah” karena karya tulisnya yang begitu menrak tentang pengelolaan sampah menjadi pakan ternak dan batako… tapi apa kenyataanya sampah di supit urang Malang tambah numpuk.. Ambune sak paran paran..

  5. Wah yg didebatin kok sampah yg busuk2, jgn itu tapi sampah yang masih bisa dijual, itung2 juga ngurangi oknum ARGOBEL nakal……….(Kampung Bersih, Aman, Tentram, Indah dan Dapat UANG).
    Bos ada KTA khusus Kader Lingk. yg berasuransi (premi 20ribu berlaku 1 tahun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: