Honor KKPS dan Biaya Pelaksana TPS Pileg 2014

Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan melaksanakan sebuah pesta demokrasi untuk menentukan siapa saja yang berhak mewakili mereka di Legislatif. Tepatnya, “Siapa saja yang memang pantas menadi anggota Dewan yang terhormat”. Pesta yang akan dilaksankan pada tanggal 9 April 2014 nanti diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan untuk kemajuan Bangsa ini.

Banyak sorotan kalau kita berbicara masalah Pesta Demokrasi atau kita lebih mendengarnya dengan sebutan PEMILU,  dan pemilu nanti adalah PILEG, Pemilihan Legislatif, baik itu DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR Pusat ataupun DPD. Tak perlu saya sebutkan satu per satu, masyarakat sudah bisa mencerna mana yang pantas untuk disorot dari pelaksanaan pemilu nanti. Penyelanggara PEMILU 2014 masih tetap menggunakan model kerja cara lama. Artinya, dengan kemajuan teknologi yang ada KPU belum bisa membuat sistem Pemilu yang efisien.

Saya akan ambil satu saja, yang kebetulan penulis pernah mengemban tugas ini, yakni sebagai KPPS, yang dimaksud adalah Honorarium KPPS. Dari berita yang beredar honor kpps untuk pileg 2014 nanti kecil, itupun masih ditambahi beban sebagai keamanan pengganti Linmas. Dengan beban tugas yang semakin besar dan berat harusnya honor itu dipantaskan.

Untuk ketua KKPS akan menerima honor sebesar Rp. 400.000,-  dan Anggota KPPS menerima honor Rp. 350.000,-. Sedangkan biaya penyelenggaraan per TPS hanya Rp. 500.000,-.

Ini berbeda jauh dengan Pemilu 2009 yang menembus angka Rp. 750.000,-. Dari berita yang saya dengar, Komisi II DPR Pusat sudah mengupayakan kepada Pemerintah untuk menaikkan Biaya Penyelenggaraan Pemilu per TPS agar lebih besar, min Rp. 1 juta.

Penulis pribadi berharap Linmas itu dikaryakan. Sudah sehari-harinya tidak ada jatah dari kelurahan setempat (kecuali DKI Jakarta-red), e…giliran ada pesta demokrasi malah tidak diajak berperan dalam kpps. Mumpun masih ada tenggang satu bulan sejak tulisan ini diterbitkan, kami berharap ada kebijakan dari KPU dan Pemerintah pusat tentang honor kpps dan petugas kpps.

2 Comments to “Honor KKPS dan Biaya Pelaksana TPS Pileg 2014”

  1. Honor kecil beban kerja besar,,,

    mundur…

  2. Jika memang segitu honor kpps, kami anggota mau mundur. Karena tidak sesuai dg resiko yang kami emban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: