Malaysia Libas Indonesia 3 – 0

Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia benar-benar mejadi momok bagi Timnas Indonesia. Berlaga di leg 1 final AFF Suzuki Cup 2010 Malaysia menang 3 gol tanpa balas.

Disini mental yang berbicara. Indonesia seperti kehilangan momentum saat pertandingan dihentikan sementara karena ulah suporter Malaysia yang menyorotkan sinar laser ke arah penjaga gawang Indonesia. Dengan dihentikannya pertandingan walaupun sebentar membuat tim Garuda seperti mlempem, loyo dan di luar kontrol.

Seperti prediksi saya sebelumnya, mestinya Indonesia mampu mengontrol emosi dan mental. Tindakan yang dilakukan suporter Malaysia ini memang  disengaja untuk memantik emosi pemain Indonesia.

Setelah kejadian dihentikannya pertandingan untuk bebrapa saat membuat pemain Indonesia kehilangan irama dan ritme permainan. Pertahanan Indonesia mudh di tembus hanya oleh seorang pemain lawan. Kita lihat bagaimana mudahnya pemain-pemain Malaysia menggocek bola sendirian tanpa ada kawalan berarti.

Ini jelas sangat mengecewakan pendukung tim merah putih. Harapan yang untuk sekedar mencuri di kandang Harimau Malaya ini sirna bahkan terasa berat. Organisasi pertahan Indonesia seperti anak ayam kehilangan induknya. Tidak ada kontrol, tidak ada man to man marking.

Kekalahan ini memang terasa menyesakkan untuk Indonesia meski sebenarnya ini bisa dibendung dengan tetap mengontrol emosi. Ini pelajaran buat timnas Garuda bahwa bola itu bundar. Diatas langit masih ada langit. Euforia sesaat itu harus ditinggalkan. Sekali lagi kalau Garuda ingin mengepakkan sayap lebih lebar kita harus menata mental bertanding.

One Comment to “Malaysia Libas Indonesia 3 – 0”

  1. I strategy on publishing this post all more than the web. Should certainly I give any credit/references back for you?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: