Prediksi Indonesia versus Malaysia

Hari ini pemain, official dan komponen pendukung Timnas Indonesia sudah menginjakkan kakinya di Bumi Melayu, Malaysia. Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni pertandingan hidup mati melawan Timnas Malaysia dalam leg 1 Final AFF Suzuki Cup 2010 di Stadion Bukit Jalil.

Berbagai prediksi muncul mewarnai gegap gempitanya pertandingan final AFF Suzuki Cup 2010 antara Indonesia dengan Malaysia yang akan dilakoni  secara Home dan Away. Pada pergelaran AFF Suzuki Cup 2010  Indonesia sudah menghajar Malaysia dengan skor 5  – 1 di babak penyisihan grup A. Meski kalah di pertandingan awal, akhirnya pasukan Pak Belang ini mampu menembus semifinal sebagai runner up  grup A setelah menahan imbang Thailand dan mengalahkan Laos. Di semifinal laskar Pak Belang ini mampu mengkandaskan angan-angan juara bertahan dengan agregat skor 2 – 0.

Untuk Indonesia lolos ke semifinal setelah menjadi juara grup A dengan poin sempurna. Di semi final mereka mengalahkan Philipina dengan agregat 2 – 0. Timnas Indonesia sendiri mempunyai rekor kebobolan sedikit yakni hanya 2 gol.

Bagi masyarakat kedua negara, bertemunya tim nasional mereka di partai puncak semakin menambah panjang perseteruan kedua negara. Carut marut hubungan kedua negara seakan tidak dapat teredam dengan adanya pertandingan sepak bola ini. Justru ini sangat bertolak belakang dengan semangat FIFA bahwa dengan sepakbola perang bisa diakhiri, lho…lho koq nglantur. Baca sendiri aja disini.

Kembali ke pertandingan final AFF Suzuki Cup 2010, walaupun penulis menjagokan Timnas Indonesia melenggang sebagai juara tapi saya harus realistis. Pertandingan final leg 1 yang diselengarakan di Stadion Bukit Jalil akan menjadi milik Malaysia dengan skor 2 – 1.

Ambisi revans Timnas Malaysia sudah mencapai ubun-ubun dan ambisi Indonesia untuk menenggelamkan Malaysia juga sudah  mencapai titik nadir.

Pertandingan final pertama nanti akan berlangsung sengit dan keras. Terlebih Malaysia akan langsung menyerang pertahanan Indonesia sejak menit awal. Mereka tidak mau mengambil resiko dengan memberikan kesempatan Indonesia untuk mengembangkan pertandingan. Pak Belang tidak akan memberikan ruang gerak yang lebih untuk pemain timnas Indonesia.

Tapi sebenarnya ini keuntungan buat Indonesia, ambisi revans yang begitu besar harus dapat dimanfaatkan Timnas Indonesia dengan bermain save football bukan negative football.

Secara psikologis Malaysia akan sedikit diluar kontrol, ambisi yang besar Malaysia untuk revans semakin menambah besar peluang Indonesia untuk mencuri gol di Bukit Jalil, Kuala Lumpur.  Selain hal tersebut, Indonesia harus meningkatkan kolektifitas dan efektifitas permainan di lapangan. Jika hal tersebut dilakukan kita tidak akan kebobolan banyak gol. Bahkan mungkin bisa mencuri gol di kandang lawan.

Saya yakin seorang Alferd Reidl sudah mempunyai strategi khusus untuk pertandingan leg 1 di Malaysia. Maju terus Garudaku…cakar habis si Ular Belang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: