Review Indonesia vs Malaysia di AFF Suzuki Cup 2010

Tournament sepak bola kawasan Asia Tenggara atau AFF Cup 2010 sudah resmi dihelat. Pertandingan pertama Grup A Timnas Indonesia bertemu dengan musuh bebuyutannya Malaysia. Pertandingan yang digelar di Gelora Bung Karno ini dipimpin oleh wasit dari Vietnam. Stadion dengan kapasitas 100 ribu penonton ini nampak kemerahan karena dibanjiri suporter dari Indonesia.

AFF Suzuki CUp 2010 ini dibagi dua grup. Grup A diisi oleh Indonesia, Malaysia, Laos dan Thailand.  Sedangkan grup B diisi oleh Singapura, Myanmar, Vietnam dan Philiphina. Juara grup dan Runner up grup akan bertemu di fase empat besar.

Sempat tertinggal 1 – 0 di babak awal pertandingan, akhirnya Indonesia membalikkan keadaan dengan menjungkalkan Malaysia  5 – 1. Pesta gol timnas Indonesia dibuka dan ditup oleh Irfan Harrys Bachdim. Pemain naturalisasi ini memborong dua di babak pertama dan injury time babak kedua.

Gol kedua Timans Indonesia juga dicetak pemain naturalisasi yakni Christian “Eloco” Gonzales. Striker Persib Bandung asal Brasil ini benar-benar manjawab tanggung jawab yang dia emban. Gola ketiga dan keempat lahir akibat kesalahan pemain belakang Malaysia yang dicetak oleh M. Ridwan dan Arif Suyono yang baru satu menit masuk menggantikan Ahmad Bustomi karena cidera.

Kolektifitas permainan timnas Indonesia sangat terlihat jelas. Kerjasama trisula Okto Mannianni, Irfan Bachdim dan Christian Gonzales sangat tajam. Ditopang oleh Firman Utina, Ahmad Bustomi  dan M. Ridwan membuat permainan Indonesia berkembang. Berkali-kali terobosan dan tusukan dari Okto Mannianni membuka peluang untuk timnas Indonesia.

Sangatlah tepat kalau Okto Mannianni sebagai Man of The Match pertandingan ini.

Malaysia juga bukan tanpa peluang. Berkali-kali barisan striker Malaysia mampu membahayakan gawang Muhammad Harris Maulana. Bahkan  setelah gol ketiga lahir, timnas Malaysia langsung mendapatkan 3 peluang yang membahayakan gawang Indonesia. Tapi penampilan kiper Persib Bandung ini membuat kubu Malaysia frustasi.

Di piala AFF Suzuki Cup 2010 ini Timnas Indonesia tidak ingin menuai malu. Dengan tampilnya dua pemain naturalisasi mampu manjawab tantangan pertama di ajang AFF Suzuki Cup 2010. Ayo maju terus Timnas Indonesia…Kepakkan Sayapmu Garudaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: