Kongres Sepakbola Nasional-Memantau Kinerja PSSI

Kota Malang sebentar lagi akan punya gawe besar. Sebuah event dimana akan membahas mengenai kelanjutan dunia sepak bola tanah air. Sebuah even yang digagas para pemerhati dan pecinta sepak bola nasional ini diberi nama Kogres Sepakbola Nasional (KSN). Even yang akan diadakan di kota Malang pada tanggal 30 dan 31 Maret 2010  ini tidak main-main karena akan diikuti oleh elemen-elemen pecinta, pemerhati dan penggemar sepakbola nasional. Even yang akan diadakan di kota Malang ini seakan semakin menunjukkan eksistensi klub sepak bola di Malang. Terlebih lagi dibarengi dengan torehan prestasi yang gemilang klub dari kota Malang ini.

Kongres ini oleh sebagian besar masyarakat banyak diartikan sebagai wahana untuk melengserkan Nurdin Halid dari ketua PSSI dan menyoal kebobrokan di tubuh PSSI sendiri. Kita tidak bisa pungkiri kinerja PSSI di mata insan sepak bola nasional diberi rapor merah. Kita tidak berharap kongres ini nanti dijadikan ajang untuk saling menyerang dan melempar kesalahan. Bapak Agum Gumelar yang terpilih sebagai ketua KSNbanyak digembar-gemborkan akan menggantikan posisi Nurdin Halid sebagai ketua PSSI.

Bagi masyrakat awam PSSI dalam kepemimpinan Nurdin Halid dianggap GAGAL karena tidak mampu memberikan prestasi bagi Timnas. Dengan penggunaan dana dari pemerintah yang begitu besar PSSI gagal untuk memberikan hasil yang signifikan buat dunia persepak bolaan Indonesia dan pecinta sepak bola Indonesia.

Tahun kemarin Klub sepakbola Pemkot Malang atau PERSEMA masuk final Divisi Utama dan menduduki posisi runner up setelah di final dikalahkan oleh PERSISAM Samarinda dan berhak promosi ke jenjang yang lebih inggi dan bergengsi bagi dunia persepakbolaan Indonesia yaitu Indonesian Super Leage (ISL). Tahun ini klub sepakbola kota Malang yang berlaga di ISL semakin moncer. Arema Malang yang kini berganti nama menjadi Arema Indonesia yang notabene saudara muda PERSEMA menorehkan prestasi luar biasa dengan memuncaki klasemen sementara ISL 2010. PERSEMA sendiri meski baru promosi ke ISL sudah mampu berbicara banyak bahkan sempat menduduki runner up klasemen sementara. Bahkan ada satu klub lagi dari Malang yang mampu menembus Divisi Utama 2011 yaitu PERSEKAMA atau orang Malang bilang METRO FC. Klub ini menjadi Juara Divisi Satu Nasional setelah di laga final menang adu finalti dengan skor 4 – 1. Lengkap sudah kebanggan arek-arek Malang di pentas persepakbolaan Nasional.

Dengan diselenggarakanya Kongres  Sepakbola Nasional (KSN) semakin menunjukkan eksistensi klub-klub sepak bola di wilayah Malang. Tidak tanggung-tanggung even ini akan langsung dihadiri oleh Presiden SBY yang sekaligus akan membuka pelaksanaan even ini.

Even yang baru pertama kali digelar ini sebenarnya merupakan ungkapan kecewa dan sedih dari para pecinta, pemerhati dan penggemar sepakbola akan prestasi yang ditorehkan oleh Timnas Indonesia di level internasional. Selain itu even ini juga saya anggap sebagai wujud protes terhadap kinerja PSSI yang dianggap turun drastis. Masukan-masukan darisenior di tubug PSSI tidak digubris oleh pengurus PSSI yang ditukangi konglomerat gula Nurdin Halid.

Semasa kepemimimpinan Nurdin Halid prestasi persepakbolaan nasional baik level regional Asia Tenggara, level Asia maupun level dunia tidak dapat berbicara banyak. Boro-boro berprestasi dan juara lepas dari jeratan juru kuncisaja susah.Mereka menganggap dengan dana yang digelontorkan pemerintah sebegitu besarnya seakan masih belum mampu mengangkat prestasi sepakbola nasional.

Kurang apa Indonesia, masak menemukan 24 orang dengan tinggi badan diatas rata-rata dan kemampuan menggocek dan mengolah kulit bundar yang mumpuni masak tidak bisa dari sekian ratus juta penduduk Indonesia. Ini sungguh memalukan.

Mari kita tengok sedikit ke belakang. Timnas Indonesia sebelum memasuki milenium baru mempunyai prestasi yang menggembirakan meski tidak juara. Timnas masih bisa bicara banyak di level Asia. Bahkan di level regional Asia Tenggara Timnas pernah menjadi yang terbaik selam satu dekade. Kini prestasi itu hilang dan entah apa penyebabnya.

Dengan diadakannya Kongres Sepakbola Nasional di kota Malang yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 dan 31 Maret 2010 ini diharapkan mampu menlorkan rumusan yang signifikan untuk peningkatan prestasi sepak bola nasional. Kita berharap dengan adanya kongres ini seluruh elemen persepakbolaan nasional bersatu untuk merumuskan langkah-langkah yang kongkrit bagi peningkatan prestasi sepak bola Indonesia.

Penulis sendiri sebagai penggemar olah raga ini sedikit banyak berharap kepada elemn-elemen sepak bola nasional yang akan hadir dalam kongres nanti mampu menghasilkan sesuatu yang positif bagi dunia persepakbolaan nasional. Kita tidak ingin melihat lagi kejadian suporter masuk ke lapangan karena gregeten melihat kondisi Timnas Indonesia.

Seluruh elemen sepak bola nasional diharapkan mampu dan mau bersatu untuk memajukan prestasi sepak bola Indonesia. Maju terus sepak bola Indonesia, tingkatkan prestsimu, tunjukkan kedunia internasional bahwa sepak bola Indonesia masih hidup.

Terkahir dengan diadakannya Kongres Sepakbola Nasional (KSN) di Malang ini sebagai titik balik prestasi sepak bola Indonesia, amin. MAJU TERUS SEPAK BOLA INDONESIA………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: