Lomba BERSIH DAN HIJAU (CLEAN AND GREEN)

Pemerintah kota Malang pada bulan April tahun 2010 mendatang akan mengadakan Lomba Bersih dan Hijau (Clean and Green) Kota Malang  antar RW se wilayah Kota Malang. Lomba ini dimaksudkan untuk membersihkan dan menghijaukan kembali kota Malang yang akhir-akhir ini semakin tidak Hijau dan tidak Bersih.

Kondisi kota Malang yang dului hijau, sejuk dan nyaman sekarang berkurang drastis. Kemajuan teknologi ternyata berimbas signifikan terhadap kelestarian alam kota Malang. Bangunan-bangunan megah banyak berdiri di kota Malang ini sebagai wujud dari era globalisasi di jaman sekarang. Tapi hal ini justru semakin membuat kota Malang semakin kehilangan Hijaunya.

Pembuatan Hutan Malang Baru (MALABAR) di kawasan Oro-oro Ombo masih belum cukup untuk menangkis global warming dan efek rumah kaca di kota Malang. Bila hal ini dibiarkasn anak cucu kita besok tidak akan kebagian apa-apa. Sumber air tanah yang semakin berkurang, peresapan yang tidak bagus karena banyaknya bangunan dari beton, kondisi pepohonan yang kurang hijau dan rindang.

Dari kondisi itu Pemkot Malang menggelar Lomba Bersih dan Hijau (Clean and Green). Di kota-kota besar lain seperti Bandung, Bekasi sudah mencanangkan program ini untuk sedikit mengantisipasi kondisi alam yang semakin tidak karuan. Lomba ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta akan alam sekitar dan rasa peduli dengan alam seityar kita.

Untuk Kelurahan Ketawanggede Lomba Bersih dan Hijau diikuti 5 RW. Kelurahan Ketawanggede menyediakn hadiah Rp. 1 juta untuk pemenang pertama. Dan pemenang ini akan mewakili Kelurahan Ketawanggede maju ke tingkat Kecamatan Lowokwaru.

Adapun kriteria penilaian lomba adalah Pengelolaan Sampah, Penghijauan dan Keasrian. Untuk Penghijaun sendiri Pemkot Malang mencanangkan kembali maskotnya yaitu Bunga Andong Merah, Bunga Puring atau Bunga Cepiring dan Bunga Kulbanda atau Kol Londo. Untuk pengelolaan sampah diharuskan adanya pemisahan sampah kering, sampah basah yang bisa didaur ulang dan sampah buang.

RT 3 RW  III Kelurahan Ketawanggede sudah dari awal memang mencanangkan untuk Bersih dan Hijau. Kawasan RT 3 selalu memenangi lomba kebersihan tingkat kelurahan Ketawanggede. Semoga tahun ini RT 3 dan RW III dapat mewakili Ketawanggede untuk maju ke tingkat Kecamatan Lowokwaru.

Mari kita Hijaukan dan bersihkan lingkungan kita untuk anak cucu kita besok. Kita tumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap alam sekitar kita. Itu tujuan yang utama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: